Rabu, 19 Juni 2019

Tips: Doa Sebelum Nikah dan Sesudah Menikah Lengkap

Berikut ini saya susun tulisan Tips dan Doa Sebelum Nikah dan Sesudah Menikah Lengkap Banget mulai dari persiapan menikah sampai cara-cara memperlakukan istri yang baik dan benar.


PRANIKAH


1.     NIAT
Niat menikah ibadah karena Allah dan mengikuti Sunnah Nabi, mendapatkan keturunan yang soleh solehah untuk meneruskan keberlangsungan manusia memperjuangkan agama Islam, Menjaga diri dari perbuatan dosa-dosa dan Zina, dan menyempurnakan sebagian dari Agama.

2.     AKAD NIKAH (IJAB QOBUL)

Yakin dan memohon kepada Allah semoga semua diridhoi Allah SWT, membayangkan Nabi Muhammad SAW hadir dalam akad tersebut karena niat mengikuti sunnah nabi, jauhi semua dosa-dosa.

Dalam majelis akad nikah usahakan jangan ada wanita yang hadir satu ruangan, tempatkan mempelai wanita dan tamu atau  wanita yang hadir ditempat yang beda, agar tidak satu ruangan, untuk menghindari kemaksiatan, karena memandang lawan jenis atau bertemunya lawan jenis dalam satu majelis atau ruangan yang bukan mahrom berpotensi dosa, disinilah dikhawatirkan harapan Nabi Muhammad tidak hadir karena ada kemaksiatan.

PASCA NIKAH


1.     BERDOA

Setelah akan nikah salaman dengan istri lalu Mendoakan istri dengan memegang ubun-ubunnya dan membaca doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ


Atinya “Dengan menyebut nama Alloh, Ya Alloh sungguh aku mohon padamu kebaikan wanita ini, dan kebaikan tabiatnya. Dan aku memohon perlindungan-Mu dari keburukannya dan keburukan tabiatnya”.

2.     SOLAT SUNNAH BERSAMA ISTRI

Doa setelah solat sunnah dengan istri, sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ


Artinya “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan isteriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rizki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rizki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan”.

3.     JIMA’ (MENGGAULI ISTRI)

Hendaknya mengucapkan salam saat masuk kamar, lalu ketika akan menjima’ istri membaca doa ini.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا


Artinya “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami”.

Diawali dengan cumbu-rayu dahulu. untuk menimbulkan syahwat istri dan suami. selanjutnya masuk bab (jima’) menggauli istri seperti yang sudah dibahas pada kitab-kitab yang masyhur, seperti qurrotul uyun dan fathul izar.

A.    Doa Saat Inzal (Keluar Mani)

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِى خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسِبًا وَصِهْرًا وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيْرًا. أللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ خَلَقْتَ خَلْقًا فِيْ بَطْنِ هَذِهِ الْمَرْأَةِ فَكَوِّنْهُ ذَكَرًا وَسَمَّهُ اَحْمَدَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَاَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ


Artinya “Segala puji milik Allah, yang telah menciptakan manusia dari air mani. lalu jadikan manusia itu punya keturunan dan musaharah dan Dia adalah Tuhanmu Maha Kuasa. Ya Allah, Ya Tuhan kami, jika Engkau takdirkan di dalam perut istriku ini tercipta seorang makhluk, maka jadikanlah ia seorang laki-laki yang akan keberikan nama Ahmad. Dengan hak yang ada pada Nabi Muhammad, Ya Allah Ya Tuhan kami, jangan biarkan aku sendirian (tanpa memiliki keturunan). Engkaulah (Tuhan) sebaik-baik zat yang mewarikan (yang mengkaruniai tinggalan keturunan)”.

B.    Atau doa yang lebih simpel, berikut ini:

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً


Artinya “semoga sperma yang kami keluarkan bisa menghasilkan keturunan yang baik”.

C.    Doa Setelah Jima’

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا


Artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)”

Demikian, semoga bermanfaat.

Oleh:

M. Khoirun ni'am
Rabu 19 Juni 2019
         


EmoticonEmoticon